Sejarah Radio Prambors Menjadi Semakin Hits




Prambors adalah stasiun radio yang dimaksudkan kepada kawula muda di Indonesia. Nama lengkap Prambors adalah Prambors Rasisonia, yang merupakan singkatan berasal dari Prambanan, Mendut, Borobudur dan Sekitarnya serta Radio Siaran Sosial Niaga. Siaran yang satu ini punya ketenaran pada banyak kalangan sebab punya lagu yang up-to-date. Sama seperti sbobet login yang populer sebab bonus yang mereka menyediakan senantiasa diperbrui. 

Pada awalannya Prambors merupakan siaran radio yang dirintis sekelompok anak muda yang berasal berasal dari satu lokasi yang berdekatan di Jakarta Pusat (Jalan Prambanan, Jalan Mendut, Jalan Borobudur, dan Sekitarnya) yang hanya mampu didengarkan di sebuah daerah di Jakarta dan sekitarnya.

Beberapa anggota Prambors — Imran Amir, Mursid Rustam, Malik Sjafei dan Bambang Wahyudi, serta Tri Tunggal — menjadi mesti menopang Prambors bersama dengan mendirikan sebuah pemancar radio. Mereka merakit transmitter simpel dan segala macam alat pendukungnya di rumah Bambang Wahyudi. Pada sementara itu turn table dipakai oleh mereka untuk memutar lagu berasal dari piringan hitam.

Sejarah Perjalanan Radio Prambors

Pada tahun 1970, lewat PP No. 55 tahun 1970, pemerintah Indonesia mengeluarkan ketetapan baru, bahwa tiap tiap radio berbadan hukum haruslah bersifat Perseroan Terbatas (PT) atau Perkumpulan. Prambors pun mematuhi ketetapan tersebut, supaya namanya diubah jadi PT Radio Prambors Broadcasting Service. Pada masa 1980-an, fakta selanjutnya diubah jadi PT Radio Prambors.

Perlahan-lahan, Prambors punya komunitas pendengar yang didominasi anak muda. Lagu-lagu dan materi siaran pun sesuai bersama dengan segmentasinya, yaitu anak muda. Mulai tahun 1971 sampai 1978, Prambors tambah mantap di jalan anak muda. Produk Prambors tambah beragam, menjadi berasal dari kaset kompilasi, sampai acara off air Lomba Cipta Lagu Remaja (LCLR) yang sukses. Di masa 1980-an, Prambors menjadi berbenah sebab di masa ini persaingan bersama dengan stasiun radio lain menjadi terasa yang telah diberitakan oleh agen bola terbesar.

Salah satu bisnis mereka untuk senantiasa merawat komunitas pendengarnya adalah lewat permainan. Kuis yang dikembangkan lumayan bervariasi, bersama dengan hadiah yang lumayan sensasional pada masa itu, jika mobil. Selain kuis, di masa 1990-an menjadi muncul acara-acara baru, seperti Catatan si Boy, Diary, terhitung acara off air seperti Tenda Mangkal, Prambors Nite. Komunitas pendengar Prambors tambah besar, lebih-lebih dapat dukungan oleh pembenahan mutu audionya bersama dengan ganti berasal dari jalan AM 666 KHz ke jalan FM 102,3 pada tahun 1997.

Karena adanya penataan lagi seluruh frekuensi yang dikeluarkan oleh Departemen Perhubungan, per 1 Agustus 2004 frekuensi Prambors diubah berasal dari FM 102,3 jadi FM 102,2. Hingga sementara ini eksistensi radio saat ini pun tetap bagus berkat pembaruan Prambors, Prambors telah hadir di 8 kota di Indonesia, yaitu di Prambors Jakarta 102.2 FM, Prambors Bandung 98.4 FM, Prambors Semarang 102 FM, Prambors Solo 99.2 FM, Prambors Yogyakarta 95.8 FM, Prambors Surabaya 89.3 FM, Prambors Medan 97.5 FM, dan Prambors Makassar 105.1 FM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post