Radio Elshinta Sebagai Pemberitaan Audio Paling Legendaris




Elshinta Radio adalah sebuah stasiun radio nasional di Indonesia, yang berpusat di Jakarta. Sesuai dengan format acaranya News and Talk, radio ini menyiarkan berita dan informasi aktual, dan juga gelar wicara. Berita ini yang disiarkan juga berita seputar keadaan lantas lintas terkini.

Selain ekonomi, politik, sosial, budaya dan beragam hal yang dibutuhkan oleh komunitas pendengarnya diseluruh kota terbesar di Indonesia. Mereka punya afiliasi dengan sejumlah radio di beragam kota di Indonesia, layaknya Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Palembang dan Bandar Lampung dan juga tetap banyak lagi. Meskipun saat ini pendengar dari kalangan muda lebih memilih radio jakfm.

Sejarah Radio Legendaris Elshinta

Radio Elshinta diluncurkan pada tanggal 14 Februari 1968. Pendirinya adalah Mas Yos atau Oom Yos (Suyoso Karsono) yang kala itu seorang perwira di angkatan hawa (AURI). Sedangkan nama “Elshinta” diambil dari nama putrinya Mas Yos. Pertama kali mengudara pada frekuensi 1370 AM dengan menyiarkan lagu-lagu oldies dan lagu-lagu Hawaiian yang terlalu populer kala itu.

Bersama pembawanya Pak Hoegeng (Hoegeng Iman Santoso), pemain ukulele dan pendiri grup Hawaiian Seniors, tidak cuman dulu sebagai Kapolri pada periode 1968-1971. Tanggal 23 November 1978, sejalan dengan perubahan interval radio AM dari 10khz ke 9Khz, Radio Elshinta merubah frekuensinya menjadi AM 1368 KHz. Pada tahun 80-an sampai pertengahan 90-an, memutar lagu-lagu Top 40 dan sempat menyusun acara peringkat lagu-lagu hits kala itu.

Nama acaranya yakni Elshinta 13. Pada 18 Desember 1994 berganti kantor ke Jl. Joglo Raya No. 70, Joglo, Kembangan, Jakarta Barat. Mulai 14 Februari 2000 Radio Elshinta memproklamirkan diri menjadi “Radio Berita dan Informasi 24 Jam Nonstop” melalui sebuah acara launching Elshinta News and Talk di Hotel Le Meredien, Jakarta.

Populer Sebagai Pemutar Berita Non-Stop

Artinya, radio tersebut hanya berisi berita dan informasi tanpa selingan lagu sama sekali, karena berbagai informasi sudah lebih mudah untuk kita raih berkat kemajuan teknologi, contoh saja hasil kecanggihan teknologi tersebut adalah agen sbobet. Rating Elshinta berada diposisi 5 besar sehabis radio-radio dengan format musik Dangdut versi ACNielsen sepanjang tahun 2005 sampai 2009 ini. Selain itu, Radio Elshinta juga menayangkan siaran BBC Indonesia yang segera dari London, dan siaran NHK World yang segera dari Tokyo.

Sempat juga menayangkan lebih dari satu acara dari Voice Of America, namun sejak Juni 2009 acara selanjutnya sudah berakhir. Pada bulan Januari 2009 Elshinta mengeluarkan majalah baru yakni majalah Elshinta dengan slogan The Bright Side Of Human’s Life dan lantas pada 24 Desember 2010, majalah Elshinta tampil baru dengan halaman lebih tebal dan gambar lebih jernih dengan slogan Peluang dan Inspirasi Bisnis.

Pemimpin Redaksi Radio kala ini adalah Iwan Haryono. Pada tahun 2011, sejak Indosiar diakuisisi oleh Elang Mahkota Teknologi, pemilik SCTV dan O Channel, Elshinta sudah merupakan tidak benar satu radio dari grup tersebut. Kemudian pada tahun 2013, radio ini menjadi anggota dari grup Elshinta Media yang terpisah dari Elang Mahkota Teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post